Ngeblog dengan Aplikasi WordPress Mobile

Dulu awal-awal ngeblog, saya selalu menggunakan laptop. Ngeblog dengan laptop memberikan banyak keleluasaan untuk menulis draft, membuka tab browser untuk melakukan riset kecil-kecilan. Belum lagi kalau disambi memilih foto untuk ditempelkan di dalam post, mengedit sedikit, menata layout foto, dan sebagainya, sungguh nyaman melakukannya dengan laptop. 

Selain itu, laptop juga mempermudah pengelolaan blog secara umum, misalnya memilih theme, menata layout, mengatur informasi apa yang ingin saya tampilkan di dalamnya, menambah atau menghapus menu dan widget, dan sebagainya.
Tapi sekarang saya mulai sering menulis draft menggunakan smartphone melalui aplikasi mobile WordPress. Alasan utamanya karena saya sudah makin jarang menggunakan perangkat komputer selain PC di kantor. Smartphone hampir tidak pernah lepas dari genggaman saya (addict alert!), jadi saya pun mulai mengubah cara saya ngeblog.

Untunglah aplikasi mobile WordPress sudah cukup memadai untuk sekadar menulis atau mengedit post. Selain itu, aplikasi ini juga sudah dilengkapi fungsi-fungsi blog management ringan, seperti membalas komentar, menambah page, melihat statistik blog, maupun mengatur theme (meskipun tetap belum bisa mengalahkan feel pengaturan menggunakan laptop). Tapi lumayan lah, buat saya yang pragmatis. Aplikasi WordPress juga bisa membantu saya membunuh waktu di kendaraan umum. Daripada bengong atau bosan baca timeline Instagram, mending nulis selagi ada inspirasi meskipun inspirasinya sering nggak penting.

Ngeblog dengan mobile app juga membuat saya jadi kerap mengunggah foto hasil jepretan hape dengan kualitas ala kadarnya, karena repot juga kalau harus memindahkan foto dari kamera ke ponsel setiap kali saya perlu mem-publish postingan, belum ngeditnya, belum watermark-nya. Halah, yoweslah, lagi-lagi (kemalasan terbungkus) pragmatisme yang mengalahkah segalanya. Jepret-jepret, edit, cap watermark akhirnya pakai hape juga. Aslinya sih masih belum puas dengan kualitasnya.

Apa mungkin ini artinya saya perlu beli Galaxy Note 8 ya? *PLAK!

Kalau kamu, lebih pilih mana? Ngeblog pakai laptop atau smartphone?

21 comments

  1. Saya sudah beberapa minggu terakhir ngeblog pake telepon cerdas. Soalnya laptop sedang diperbaiki.

    Tapi biasanya saya nulis di laptop, tapi upload dan setting semuanya make telepon cerdas biar lebih hemat kuota 😀

    Liked by 1 person

  2. tetep lebih milih pake laptop sihh, suka pusing kalo pake HP…mungkin kalo beli iphoneX jadi ga pusing

    *tapi pusing bayarnya* 😛

    Like

  3. Saya juga ngeblognya pakai HP mbak meski asalinya sekali publis dan banyak tulisan yang perlu proses editing. Tapi harus semangat meski di keterbatasan fasilitas itu…

    Like

  4. saya beberapa kali juga nulis lewat hape, ada yg sekedar draft dan juga ada yang langsung publish, tapi umumnya saya edit lagi lewat komputer karena untuk justify kiri kanan. blm tau gmn ngatur lewat hape.

    Like

Got something to say?